Jumat, 06 Juni 2014

TUGAS 8 SEMANTIK




Tuhan adalah kelebihanku.
Tuhan adalah kelemahanku.
Analisis:
            Dari segi ketuhanan yang saya maksudkan adalah dari kacamata manusia yang meyakini adanya tuhan sebagai pemilik serta pencipta alam semesta dan seluruh isinya terutama manusia. Hanya manusia yang meyakini adanya tuhan dan meyakini segala sesuatu yang ada dalam kehidupan ini adalah milik tuhan yang sanggup menyatakan kalimat tersebut.
Manusia yang merasa “Tuhan adalah kelebihanku” itu berarti ia menyadari semua kelebihan dan kebaikan yang ada pada dirinya dan yang ia lakukan semata-mata karena kehendak dari tuhan dan hanya karena tuhan, pengetahuan, kemampuan, serta harta dan kekuasaan lainnya semua karena adanya campur tangan Tuhan. Tapi tidak berarti Tuhan selalu berperan sebagai dalang dan manusia berperan sebagai wayang. Hal ini membuktikan dengan adanya pernyataan hanya jodoh dan maut yang ada di tangan Tuhan (Al-qur’an kitab suci umat islam). Dan sesuatu yang lain boleh dilakukan sesuai keinginan manusia masing-masing dan tetap ada kehendak tuhan.
Sedangkan kalimat “Tuhan adalah kelemahanku” menurut saya, manusia memiliki kekurangan, mengalami kegagalan, mengalami duka dan lain sebagainya juga karena ada kehendak Tuhan. Walaupun demikian, ada hal yang harus kita ingat, kita tidak boleh melibatkan Tuhan dalam perbuatan kita sebagai manusia. Bisa jadi kegagalan yang diperoleh karena kesalahan kita sendiri, bisa jadi karena kita kurang beriman pada kehendak Tuhan, kita kurang mendekatkan diri kepada Tuhan dan lain sebagainya. Jadi kesimpulannya, kita sebagai manusia harus bersyukur atas nikmat dari Tuhan, walaupun nikmat itu berpa kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar